Pengertian pelayanan prima - Perusahaan yang baik tidak mendiskusikan pemasaran, mereka
melaksanakan pemasaran. Dalam begitu banyak perusahaan, frase “dekat dengan
konsumen' merupakan 95% percakapan namun hanya 5% tindakan. Di perusahaan
pemasar sejati, CEO dan semua petingginya menggunakan sebagian besar waktu
mereka untuk mendengarkan konsumen dan menjual. Melewatkan waktu bersama konsumen
ratusan kali lebih penting daripada menghadiri rapat staf dan membaca laporan
bulanan. Perusahaan melakukan apa yang dilakukan para petingginya. Dalam
perusahaan pemasar, para petingginya menjual, menjual, dan menjual. Kebanyakan
tenaga penjualan terbaik di dunia tidak ditemukan dalam departemen penjualan
pemsahaan besar. Mereka didapati menjalankan bisnis kecil di mana mereka
berperan orang-orang tingkat atas. Dalam perusahaan pemasar superstar, sikap
seseorang terhadap konsumen sangat diperhatikan dalam proses perekrutan. Semua
pegawai diharapkan dan dilatih untuk menghargai konsumen yang baik. Orang yang
memeriksa ulang pengejaan nama konsumen adalah orang pemasaran. Pramuniaga yang
tetap membuka toko melewati jam tutupnya untuk melayani konsumen yang datang
terlambat adalah orang pemasaran. Petugas parkir perusahaan yang menyapa pengunjung
dengan ucapan: “Selamat datang di perusahaan kami. Kami senang dengan
kedatangan Anda." adalah orang pemasaran.
Perusahaan pemasar hanya ingin merekrut orang-orang yang
benar-benar menghargai konsumen, yang bias membunyikan mesin kasir. Oleh karena
itu, mereka berinvestasi pada pelatihan yang berkelanjutan, yang menjangkau
setiap aspek perusahaan mereka, tidak peduli sekecil apa pun. Hasilnya adalah
orang-orang perusahaan yang bersedia dan mampu melakukan hal-hal yang tidak akan,
tidak selalu, tidak bisa, atau tidak diperbolehkan untuk dilakukan oleh
karyawan perusahaan lain.
Dapatkah Anda membayangkan ada pegawai Disney World yang
terlalu penting kedudukannya sehingga tidak bersedia memungut sampah gelas
minuman soda? Dapatkah Anda membayangkan ada tenaga penjualan di L.L.Bean yang
berdebat dengan konsumen mengenai masalah pengembalian barang? Dapatkah Anda
percaya bahwa Al Pacino atau Meryl Streep akan meninggalkan panggung karena ada
yang tidak beres dengan tata lampu atau hal lain semacamnya? Tentu tidak!
Dalam perusahaan pemasar besar, setiap orang otoritas dan
tugas untuk menggunakan penilaian terbaiknya guna melakukan apa pun yang diperlukan
untuk mempertahankan konsumen. Di Kodak, orang produksi memiliki kendali total
terhadap kualitas produk. DiToyota, pekerja lini perakitan dapat menghentikan aktivitas
lini produksi untuk membenahi masalah kualitas. Di jaringan hotel Ritz-Carlton,
setiap pegawai yang mendapati persoalan konsumen menangani persoalan tersebut
hingga konsumen terpuaskan. Dan setiap pegawai Ritz-Carlton bisa mengeluarkan
biaya hingga $2.000 tanpa otorisasi untuk menuntaskan persoalan konsumen.
Suatu perusahaan pemasar memahami nilai uang total seorang
konsumen. Mereka menyediakan waktu untuk menghargai hubungan dengan konsumen.
Misalnya, jika seorang perempuan(atau laki-laki) membelanjakan $45 setiap tiga
bulan di salon kecantikan, dan jika diperlakukan dengan baik dan terpuaskan
dapat diharapkan untuk menjadi konsumen selama tiga tahun. pemilik salon menghargai
perempuan itu senilai $2.340 (52 kunjungan selama 3 tahun dengan $45 per
kunjungan). Pemilik salon menghargai konsumennya senilai $2.340 setiap kali dia
berjumpa konsumen tersebut. Inilah mengapa penjual bahan pangan. pedagang
mobil, perusahaan penerbangan, pembuat peralatan mesin, pialang saham, dan
pembuat peralatan baja yang cerdas dengan ceria dan antusias memerhatikan konsumennya.
Pedagang mobil yang bodoh dan pembuat lemari dapur yang ceroboh melihat
penjualan sebagai akhir dari hubungannya dengan konsumen. Maka itulah yang
terjadi: hubungannya dengan konsumen berakhir di situ. berakhir di situ.
Perusahaan pemasar yang sukses memandang setiap putusan
investasi dengan analisis sederhana yang sama: “Akankah investasi ini membantu
kita menjual lebih banyak?" Jika investasi tersebut meningkatkan kualitas,
menurunkan biaya tanpa mengurangi kualitas, meningkatkan kemampuan penjualan,
meningkatkan kesadaran terhadap merek, menciptakan produk baru, atau entah bagaimana
memperbaiki penawaran kepada konsumen, maka mereka akan menjalankannya.
Perusahaan pemasar superstar mengejar pertumbuhan pangsa
pasar (market share) dengan gigih dan berkelanjutan. Tetapi mereka mengetahui
bahwa pangsa pasar adalah fungsi pemasaran yang mendalam dan meyakinkan. Pangsa
pasar adalah entri papan nilai.
Di perusahaan pemasar superstar, pemasaran adalah hal yang
nyata. Itulah mengapa mereka menang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar