Jurnal strategi pemasaran - Konsumen
lebih suka tidak kehilangan sesuatu daripada menghemat sesuatu. Jika ditawarkan
pilihan untuk tidak kehilangan $100, atau untuk menghemat $100, konsumen akan
memilih untuk tidak kehilangan. Ini adalah pemahaman pemasaran yang penting.
Selalu komunikasikan konsekuensi pada konsumen apabila dia menjalankan
aktivitas tanpa produk Anda. Ketakutan akan
kehilangan
adalah motif pembelian yang lebih kuat daripada potensi untuk menghemat.
Misalnya,
ada produsen storm window (jendela yang berguna untuk menahan cuaca yang
ekstrem) yang mengklaim jendela kaca-gandanya, “Akan membuat Anda bisa
menghemat $2 sehari karena mengurangi konsumsi energi.” Akan lebih efektif,
lebih mengesankan, dan lebih memberi dorongan untuk membeli jika dikatakan, “Dengan
tetap menggunakan jendela kaca-tunggal lama Anda, Anda membuang $270 setahun.
Cobalah ABC Kaca-ganda.” Perusahaan alat pengukur dan control bahan bakar yang
menyatakan, “New Spillex Controller mencegah pengisian bahan bakar berlebihan,
menghemat ratusan dolar Anda dengan menekan biaya pembersihan,” akan
menghasilkan lebih banyak keingintahuan dan lebih banyak penjualan jika
menggunakan kalimat, “Pengisian berlebihan membuang dolar Anda ke tanah. New
Spillex Controller menghentikan kerugian Anda.”
Setiap
manfaat untuk setiap produk dapat didolarisasi. Setiap manfaat untuk setiap
produk dapat dinyatakan dalam dolar dan sen yang dirasakan oleh konsumen. Setiap
manfaat dapat dihitung untuk menunjukkan nilai ekonomi produk bagi konsumen.
Manfaat tersebut dapat ditunjukkan sebagai penghematan bagi konsumen, atau dengan
menunjukkan biaya yang harus ditanggung
konsumen
jika dia tidak menggunakan solusi tersebut.
Selalu lebih
efektif untuk memengaruhi konsumen dengan menunjukkan biaya yang muncul jika
tidak menggunakannya, bersama dengan konsekuensi lain akibat tidak membeliproduk Anda. Hanya sedikit konsumen yang akan mengabaikan konsekuensi tersebut dan
dengan sengaja membeli produk altematif untuk mendapatkan harga lebih murah.
Pemasar
super mendolarisasi manfaat produk dan kemudian menunjukkan pada konsumen apa
yang harus dia tanggung setiap tahun, setiap minggu, setiap jam tanpa produk
tersebut.
Kurang dari
5% orang pemasaran yang mendasarkan klaim produk mereka pada manfaat bagi
konsumen. Kurang dari 1% orang pemasaran mendolarisasi nilai produknya dan
menjual dengan angka-angka. Hanya pemasar super yang mendolatisasi dan menjual
produknya berdasarkan konsekuensi yang harus ditanggung konsumen jika tidakmembeli.
Konsumen
tidak ingin rugi. Lakukan sesuatu bagi konsumen: Peringatkan mereka tentang
kerugian yang akan mereka tanggung jika tidak membeli produk Anda. Pada saat
mereka membeli, setiap orang menang!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar