Kamis, 24 Januari 2013

Pengertian konsumen : Pemahaman Mendalam terhadap Definisi Pemasaran

Pengertian konsumen - Definisi panjang pemasaran adalah mengidentitikasi, menarik, mendapatkan, dan memelihara konsumen yang baik (`oke`) sehingga beroleh keuntungan. Definisi singkatnya adalah mendapatkan dan memelihara konsumen yang baik sehingga menghasilkan keuntungan.

 Mengidentifikasi, menarik, dan mendapatkan adalah fungsi prapenjualan. Sementara memelihara mencakup semua fungsi pascapenjualan. Riset pasar adalah contoh aktivitas Identifikasi. Iklan, pengemasan, dan pembersihan toko adalah aktivitas Menarik. Penjualan Personal, distribusi, penetapan harga, kualitas produk, dan pramuniaga yang selalu tersenyum adalah aktivitas mendapatkan. Kegiatan purna jual seperti pengiriman barang, pengiriman faktur, penagihan, layanan konsumen, garansi perbaikan, dan ucapan terirna kasih terrnasuk dalam aktivitas Memelihara.


Satu-satunya daya hidup yang berkelanjutan di setiap organisasi. di setiap perusahaan adalah mendapatkan dan memelihara konsumen (terkadang disebut anggota, pasien, siswa, jemaah). Setiap pekerjaan dalam suatu perusahaan harus secara langsung atau tidak langsung membantu untuk mendapatkan dan memelihara konsumen. Setiap orang seharusnya selalu berpikir bagaimana caranya membantu mendapatkan dan memelihara konsumen. Ini termasuk penerima tamu, pemeriksa kredit, penagih utang, kuli beban, penjawab telepon, pembuat produk, dan  pimpinan perusahaan. Setiap fungsi kerja pegawai adalah bagian dari definisi pemasaran.


Pemasaran adalah episentrum organisasi. Pemasaran lebih dari sekadar tenaga penjualan, Iklan, penetapan harga, pengemasan, promosi, dan pameran dagang. Pemasaran bertanggung jawab untuk menghasilkan produk yang memenuhi kebutuhan konsumen, untuk mengontrol kualitas, juga bertanggung jawab dalam hal piutang, persediaan barang, dan penagihan.


Jadi, semua departemen dan fungsi perusahaan harus dipimpin oleh orang-orang dengan sikap pemasaran 'mengutamakan konsumen' yang kuat. Manajer pabrik yang tidak pernah bertemu konsumen tidak memiliki sikap peduli konsumen. Ilmuwan R&D riset dan pengembangan yang tidak pernah bertemu konsumen tidak akan pernah peduli konsumen. Manajer kredit yang melihat aktivitas penagihan sebagai pertempuran, dan bukan sebagai kesempatan memelihara konsumen, adalah antipemasaran. Pimpinan perusahaan yang tidak menyediakan 40-60 persen waktunya untuk membaca, berdiskusi, menulis surat kepada konsumen, atau mengunjungi konsumen, akan seperti menakhodai kapal di malam hari tanpa penerangan atau peta.


Setiap pekerjaan ada untuk secara langsung atau tak langsungmendapatkan dan memelihara konsumen yang baik, hari ini dan besok. Setiap orang harus tahu bagaimana pekerjaannya bisa menghasilkan dan memelihara konsumen. Setiap orang harus melakukan sesuatu setiap hari harus bekerja sepanjang hari untuk mendapatkan dan memelihara konsumen. (Pekerjaan yang tidak menghasilkan dan memelihara konsumen adalah pekerjaan temporer, tidak diperlukan, atau sebaiknya menggunakan tenaga dari luar.) Pegawai harus diarahkan dan dilatih untuk mengetahui mengapa pekerjaannya penting dan bagaimana menjalankannya dengan baik.


Definisi pemasaran adalah hal sederhana. Melaksanakan pemasaranlah yang berat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar