Teori kepuasan konsumen - Permintaan
(demand) adalah ukuran seberapa banyak produk Anda yang diinginkan konsumen. ( Penawaran
[supply] adalah ukuran ketersediaan produk untuk memenuhi pemnntaan pasar.)
Permintaan langsung (direct demand) didorong oleh konsumen akhir yang mengonsumsi
produk dan tidak menggunakannya untuk jenis penjualan-kembali (resale) apa pun.
Keluarga yang membeli sereal jagung adalah bagian dari permintaan langsung yang
dilayani oleh perusahaan sereal. Permintaan turunan (derived demand) adalah
pembelian oleh konsumen yang menggunakan produk sebagai komponen, atau sebagai
bagian dari proses produksi produk yang akan dijual kembali. Misalnya, produsen
mesin pemotong rumput yang membeli roda dan motor dan
tangkai
pegangan (untuk membuat mesin pemotong rumput) mencerminkan permintaan turunan
bagi produsen roda.
Memahami
perbedaan antara permintaan langsung dan permintaan turunan adalah suatu hal
yang penting. Perusahaan yang menjual untuk pasar permintaan langsung dapat
memengaruhi permintaan dengan iklan, promosi, kupon, maupun pemotongan harga.
Permintaan langsung lazim bagi
perusahaan produk konsumsi. Konsumen permintaan langsung memutuskan untuk
dirinya sendiri apakah dia butuh atau ingin membeli makanan, minuman, pakaian,
peralatan, atau perjalanan liburan. Potensi kesuksesan pemasar permintaan
langsung didasarkan pada jumlah konsumen. (Inilah mengapa pemasaran produk
konsumsi ditentukan sepenuhnya oleh faktor-
faktor
demografi.)
Pemasar yang
menjual di pasar permintaan turunan tidak dapat memengaruhi pemiintaan. Pembuat
roda mesin pemotong rumput tidak dapat membuat lebih banyak konsumen membeli
mesin pemotong rumput. Pembuat roda mesin pemotong rumput tergantung pada
produsen mesin pemotong rumput untuk mendapat permintaan. Jika produsen mesin
pemotong rumput tidak menjual mesin pemotong rumput, maka pembuat roda mesin
pemotong rumput mengalami situasi sulit.
Pada saat
pemasar permintaan turunan memotong harga, permintaan konsumen tidak
terpengaruh. Jika produsen mesin pemotong rumput tidak menjual mesin pemotong
rumput, dia tentu tidak akan membeli roda berapa pun harganya. Pada saat
pemasar permintaan turunan memotong harga, mereka mengurangi pendapatan dan
keuntungan.
Terlalu banyak
perusahaan yang tidak memahami dinamika permintaan mereka. Jika mereka memahaminya,
mereka tidak akan memotong harga pada saat menghadapi permintaan yang melemah
atau menurun. Pemotongan harga hampir selalu merupakan respons yang buruk dalam
pasar yang lamban. Pada saat pemasar permintaan langsung memotong harga untuk
meningkatkan
geliat
bisnis, pemotongan harga tersebut ditiru oleh pesaing. Pada saat satu perusahaan penerbangan memotong
biaya penerbangan dari satu kota ke kota lain, pemotongan harga dengan segera
diikuti oleh perusahaan penerbangan pesaingnya. Pada saat satu pom bensin di suatu
jalan memotong harga jualnya, lima pom bensin yang lain ikut menurunkan harga.
Hal ini bagus untuk konsumen,
tetapi secara dramatis mengurangi keuntungan perusahaan dan tidak mengubah
pangsa pasar.
Para
superstar pemasaran memahami dinamika permintaan. Berbeda dengan para pemain
lemah, dalam menghadapi permintaan yang melemah para superstar pemasaran tidak
bereaksi dengan memotong harga. Mereka tidak menjadi orang pertama dalam
industri yang memotong harga (sekalipun mereka menjadi pionir dalam peningkatan
harga). Para superstar pemasaran merencanakan dan bertindak untuk meningkatkan
pangsa pasar dengan menjual dan berpromosi habis-habisan, bukan dengan menjual
dengan harga lebih rendah dari para kompetitor mereka.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar