Prilaku konsumen - Pemotongan
harga tidak mendorong munculnya permintaan. Pemotongan harga akan diikuti oleh
para pesaing. Pemotongan harga mengawali perang harga. Perang akan akan melukaí
dan membunuh. Perang harga melukai dan membunuh semua petarung.
Pemotongan harga dengan serta-merta memotong laba. karena biaya tak berubah. (Sejumlah pemotong harga mendebat bahwa peningkatan volume akan mengurangi biaya. Pemotongan harga akan meningkatkan volume jika produk Anda diberi harga di atas nilai riilnya atau nilai yang dípersepsikan, dan konsumen merespon sesuai dengan itu. Pemotongan harga permanen di bawah harga pasar tidak meningkatkan volume yang menguntungkan.)
Studi
McKinsey menunjukkan, rata-rata pemotongan harga 1% mengurangi laba operasional
8%, dengan asumsi tidak ada peningkatan volume. Ini berarti jika harga produk
Anda $1, dan tenaga penjualan ingin memotong harga menjadi 99 sen (“Hanya satu
sen!”), pengaruhnya akan berupa penurunan laba yang tajam. Studi serupa pada
lebih dari 500 perusahaan di berbagai industri
menunjukkan
pengaruh serupa: Grafik berikut ini mengilustrasikan pengaruh relatif koreksi
1% pada biaya tetap, volume unit, biaya variabel, dan harga. Koreksi harga
menghasilkan pengaruh terbesar pada pendapatan operasional.
Grafik
berikutnya menunjukkan peningkatan volume unit yang diperlukan untuk mencapai
titik impas setelah pemotongan harga. Kurva-kurva di bawah ini menunjukkan
level-level persentase Laba Kotor yang berbeda. (Laba kotor adalah harga jual
minus biaya produksi.)
Misalnya,
jika penjual yang dengan harga awalnya menghasilkan laba kotor 25 persen (dari
harga jual) setuju untuk memotong harganya sebesar 15%, maka dia harus menjual
150% lebih banyak untuk menghasilkan laba kotor (dalam dolar) yang sama dengan
yang diperolehnya sebelum pemotongan harga.
Pesaing yang
baik tidak bersaing pada harga. Mereka bersaing pada kualitas produk, inovasi
produk, diferensiasi pelayanan, kreativitas iklan, tenaga penjualan, layanan
teknis, lokasi toko, kemampuan menjual, dan sikap pegawai. Pesaing yang baik
berjuang untuk menyediakan nilai dan percaya pada penetapan harga berdasarkan nilai. Pesaing yang baik menjual produk
yang bervariasi nilai dan harganya, tetapi mereka tidak melakukan pemotongan
harga.
Pemotongan
harga adalah tindakan bunuh diri dengan harga.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar